KECANDUAN GADGET DIKALANGAN PELAJAR SMP

  KECANDUAN GADGET DIKALANGAN PELAJAR SMP

Seiring berkembangnya zaman, gadget sudah banyak berkembang dan menjadi lebih canggih. Kita dapat melakukan banyak hal dengan hanya melalui satu alat elektronik kecil ini. Hampir semua orang membawa gadget dimana pun dan kapan pun mereka pergi. Gadget memang menjadi alat bantu yang sangat memudahkan kita menjalani kegiatan sehari-hari. Banyak hal yang dapat kita lakukan melalui gadget, mulai dari membaca komik, menonton film, melakukan pembayaran secara online, bahkan memesan makanan sekalipun. Karena itu, hampir semua orang tidak dapat menjalani kehidupan sehari-harinya tanpa ada gadget didekatnya

 Karena itu, tidak sedikit orang yang mengalami kecanduan terhadap gadget. Kecanduan terhadap gadget ini dinamakan nomofobia yang berasal dari istilah “no-mobile-phone-phobia”. Sindrom ini menyerang banyak orang, tetapi golongan yang paling banyak terkena sindrom ini adalah anak yang masih tergolong muda. Dari sindrom ini, seorang anak pasti akan terkena dampak yang sangat  amat mengganggu aktivitas sehari-hari nya. Tingkat kecanduan orang pasti berbeda-beda, ada yang ringan hingga sampai yang parah. Berikut beberapa dampak yang dapat terjadi pada seorang anak :

  1. Anak menjadi pendiam.
  2. Khawatir gadget-nya akan segera mati.
  3. Susah untuk tidur (Insomnia).
  4. Kurang fokus kepada pembelajaran yang disampaikan.
  5. Meniru perilaku buruk dari internet.

Jadi, salah satu cara untuk menghindari kecanduan internet adalah menyibukkan diri dengan kegiatan yang ada di sekolah dan fokus untuk belajar ataupun mengejar prestasi. Banyak kegiatan lain yang bisa kita lakukan tanpa menggunakan gadget misalnya, olahraga, melukis, bernyanyi, belajar ataupun membaca buku novel. Kita harus mencegah diri kita untuk tidak terlalu bergantung kepada gadget, karena jika kita terlalu tergantung kepada gadget maka dampak-dampak yang diatas tadi akan terjadi. Tidak hanya untuk kalangan SMP, tetapi untuk seluruh kalangan. Gadget tidak akan selalu membantu-mu. Karena itu, gunakan lah gadget secukupnya untuk kebutuhan sehari-hari.


Contoh gambar kecanduan gadget dalam kalangan SMP :


Keterangan :






Websites;

My informatics teacher (Ma'am Eva Purba)

Comments

Popular posts from this blog

About me